Get me outta here!

Selasa, 09 April 2019

CAIRAN TUBUH MANUSIA (materi kuliah kebidanan)



Dalam tubuh manusia yang sehat sekitar 60% dari berat badannya terdiri dari air serta terdapat dalam dua kompartemen utama – cairan intraseluler dan salular kompartemen cairan ekstraselular. Kompertemen cairan ekstraselular dibagi lagi menjadi cairan interstisial dan intravaskular. Kurang lebih 2/3 dari jumlah air tubuh pada adalah cairan intraselular dan sisanya cairan ekstraselular, 2/3 dari cairan ekstraselular adalah cairan interstisial dan sisanya cairan intravaskular.
Air memilki yang kecil, sangat mudah berdifusi, dan bersifat polar, sehingga berkohesi satu dengan lainnya membentuk benda cair dan bukan gas. Air adalah pelarut yang amat baik, karena molekulnya yang bergabung dengan (yaitu: hidrat) protein, gula, dan zat-zat terlarut lainnya khususnya ion, akan sangat memodifikasi sifat-sifat mereka supaya memisahkan dan melarutkannya. Air sendiri sangat sedikit terionisasi,( H+ ) dari yang bersifat netral adalah  10-7 g.ion/liter (pH 7). Air sangat banyak terdapat dalam tubuh; tidak hanya 60% dari berat badan - akan tetapi kira-kira lebih dari 90% dari keseluruhan molekul tubuh.
Gerakan dari molekulnya adalah karena aliran masa dan karena difusi yang arahnya ditentukan oleh perbedaan ruang konsentrasi atau gaya yang secara keseluruhan disebut gradien. Grdien dapat diandaikan sebagai suatu kelandaian yang menyebabkan benda meluncur dengan kecepatan yang tergantung pada sudut kemiringannya.
Aliran masa adalah gerakan bersama dari masa larutan dalam arah suatu gradien tekanan hidrostatik dengan kecepatan yang juga tergantung pada resitensi mekanik aliran. Difusi adalah hasil gerekan teratur molekul – molekul secara individual yang berakibat menguraikan akumulasi lokal dari molekul jenis apapun asalkan molekul tersebut dapat bergerak bebas ini berarti suatu zat cenderung bergerak pada setiap gradien konsentrasi yang ada. Difusi sendiri pada cairan hanya penting untuk pergerakan jarak pendek meski pada gas gerakannya cepat, namun difusi merupakan dasar penting untuk osmosis. Osmosis dapat diartikan sebagai gerakan difusional pelarut pada gradien konsentrasinya sendiri yaitu gradien yang dihasilkan oleh ketidak samaan distribusi yang terlalut.

Tekanan Osmotik
Volume dari setiap kompartemen ditentukan bukan hanya oleh jumlah air yang ada dan dapatbergerak bebas melintasi membran sel tetapi terutama ditentukan oleh komposisi kimiawinya. Komposisi itu penting karena dua alasan yang saling berkaitan:
1.    Setiap kompartemen cairan memilik satu zat terlalut utamanya oleh berbagai mekanisme, membuatnya sebagian besar terkungkun dalam kompartemen itu dan tekanan osmotik mengatur volumenya: kalium untuk ruang intraselular, natrium untuk ruang ekstraselular dan protein plasma untuk kompartment intavaskular.
2.    Tekanan osmotik tidak tergantung kepada kegiatana kimiawi kusus melainkan, kepada jumlah partikel partikel yang ada didalam suatu larutan kompartemen tertentu.





0 komentar:

Posting Komentar